Pengumuman: Soal Tes CPNS Beredar di Google Drive Itu Palsu

liputankarir.com – Bnayaknya masyarakat yang menginginkan menjad seorang PNS dan setelah mendengar kabar akan segera dilakukan penerimaan CPNS di awal tahun 2018 membuat banyak pihak- pihak yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan momen ini. Telah terdeteksi banyak beredar soal- soal tes seleksi CPNS palsu, ini menjadi peringatan buat anda agar lebih berhati- hati lagi dan tidak mudah percaya dengan informasi yang tidak jelas akurasinya.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan memastikan soal itu palsu. Diantara indikasinya tahunnya masih tertulis 2015 dan ada keterangan Kemendiknas. Padahal sudah lama Kemendiknas diubah jadi Kemendikbud. Ridwan menuturkan BKN begitu menjaga kerahasiaan soal ujian. Diantaranya soal ujian dienkripsi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Kemudian soal yang sudah dienkripsi itu diinjeksi ke sistem CAT (computer asissted test) BKN.

logo cpns

 

“Disaksikan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), tim QA BPPT, serta kementerian lembaga anggota Panselnas CPNS lainnya,” katanya, Sabtu (13/1). Dia menegaskan ,pengamanan soal ujian CPNS baru dijaga dan diawasi secara berlapis. Kemudian server BKN untuk menyimpan naskah ujian itu tidak tersambung ke internet. Sehingga kecil kemungkinan untuk diretas oleh orang lain.

Kepala Biro Hukum Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman mengatakan masyarakat harus mewaspadai dan tidak mudah percaya kabar-kabar terkait tes CPNS baru. Dia meminta masyarakat untuk update informasi resmi di website Kementerian PAN-RB atau BKN. “Kami pastikan informasi soal ujian CPNS baru itu hoax alias palsu,” tuturnya. Supaya terlihat valid dan mengecoh publik, informasi hoax itu diawali pernyataan-pernyataan Herman terkait rencana rekrutmen CPNS baru 2018. Sehingga seolah-olah pada Februari 2018 bakal dibuka rekrutmen CPNS baru. Padahal dia menegaskan sampai saat ini belum ada kepastian jadwal CPNS baru 2018.

“Pernyataan itu sama sekali tidak benar,” jelasnya. Dalam beberapa kesempatan Menteri PAN-RB Asman Abnur memang menyampaikan tahun ini bakal ada rekrutmen CPNS baru. Namun sampai sekarang waktu pelaksanaan dan kuotanya belum ditetapkan.

Herman mengatakan saat ini Kementerian PAN-RB masih menunggu validasi usulan formasi dari instansi pusat dan daerah. Usulan kuota dan validasinya dilakukan melalui sistem e-Formasi. Diharapkan akhir Januari ini usulan kuota sudah masuk semuanya.

Semoga dengan adanya info dari kami teman- teman lebih waspada lagi dan lebih tau mengambil keputusan yang tepat agar tidak salah melangkah jika menemukan ajakan untuk membeli soal seleksi CPNS 2018. Update terus info terbaru di liputankarir.com